Senin, 01 Juni 2015

Review PV+Lagu AKB48 40th Single: Bokutachi wa Tatakawanai

Aloha, kali ini aku iseng ngereview PV sama lagu Bokutachi wa Tatakawanai, kebetulan lagi mood lol. Langsung aja xD


Song:
Harus saya akui, instrument di lagu ini Godly banget, terutama intronya! Intronya itu kayak bagian terbaik dari lagu ini lol Tapi bukan berarti lagunya ga bagus, cuma kalo buat saya, agak susah buat nyempil di telinga pas awal-awal baru dengerin. Ya, itu mungkin karna sayanya yang emang lebih tertarik sama lagu yang ceria, jadi pas disodorin lagu kayak gini ya, hit or miss gitu deh buat saya. Lagu ini sama sekali ga ada aspek idolnya (lol), beda kayak Kegarete iru shinjitsu-nya Team 8, di mana suara member-membernya imut-imut jadi meskipun lagunya cool, tetep aja aspek idolnya terasa.

Lagu ini mau dibilang slow enggak, mau dibilang ngebeat juga enggak. Nah lagu yang ngga konsisten kayak gini nih, yang biasanya susah buat masuk di ingatan orang. Tapi kesan, aura, sisi, dan aspek Godly dari lagu ini (yang juga ditonjolkan dari dancenya) bener-bener bisa bikin lagu yang nadanya menurut saya biasa aja ini jadi least than perfect a.k.a mendekati sempurna (ternyata instrument juga punya peranan besar ya). Oke, mungkin banyak yang ga sependapat sama saya, tapi pas saya dengar emang lagu ini nadanya biasa aja, kalo instrumennya ga kayak gini mungkin klimaks lagunya ga bakal terasa, tapi ya semua ini hanya pendapat saya saja yang bukan merupakan seorang musisi ataupun kritikus musik.
Mengenai lirik, karna kebetulan saya pernah ngesub-in PVnya ya.. jadi saya ngerti dikit lah makna liriknya xD Meskipun lagu ini kesannya agak gloomy, tapi sebenarnya yang dimaksudkan lagu ini adalah agar kita keluar dari masa-masa kelam kita, lebih menghargai orang-orang, jangan menyimpan kesedihan kita, karna pasti ada orang di luar sana yang mau mendengarkannya, pokoknya artinya hangat banget. Jangan memilih untuk bertarung, karna kita semua orang-orang itu sepihak, untuk apa saling melawan? Toh, kita kan spesis yang sama, harusnya bentuk grup gitu ya, SPS48 aka spesis48 (ini ngaco xD)

PV:
PVnya punya storyline yang jelas (ayo teriak hore!), ga kayak Green Flash :v PV dimulai dengan penayangan sebuah grup idola atau grup artis atau grup apalah yang terkenal dan sedang menampilkan sebuah show. Eh tiba-tiba muncul serangan dari antah berantah membuat semua orang di show itu pada lari-lari semua. Heroine kita kali ini, Paruru berhasil melarikan diri bersama anak kecil yang mungkin anaknya produser mereka? Ga tahu lah, intinya Paruru bersama teman-teman se-grupnya berhasil melarikan diri.


Masih ga nyangka ni anak bisa tembus front rownya AKB (y) Saya bangga nak :3
 
Bukan oshimen saya, tapi menurut saya Yuihan yang terlihat paling elegan :3
 
Our heroine, Paruru!
 
 
 Paruru save the kid (y)
 
Sesudah ini, kita dihadapkan (?) dengan adegan yang entah di mana lokasinya, di mana para member terlihat berpakaian yang acak-acakan, kotor, (tapi tetap cakep), dan tampang mereka pada gloomy semua, kecuali oshimen saya tentunya yang tetap ceria main sama si anaknya produser :3 Dan yang terpenting adalah.. mereka cuma berlima! Ke mana member yang lain? Oke, lupakan, mari lanjut ke ceritanya. Tiba-tiba, Paruru mendengar suara jam poket, disusul sama suara bel. Entah ini pertanda atau isyarat atau apa, Paruru langsung berdiri disusul sama teman-temannya (kecuali si anak kecil), dan mereka terdiam menatap kejauhan…. 

End of the story
 
 
Hehe, tentu aja belum :p
Habis itu pas intro mulai, ditayangkan adegan di mana para member (masih lengkap jumlahnya) bertarung melawan pasukan antah berantah yang menyerang mereka waktu mereka show. Oh, saya males ngasih screencap saudara, karna pasti akan susah men-screencap-kan adegan yang banyak gerakannya. Dan berhubung review ini semakin panjang, maka mulai dari sini akan saya persingkat.
Mereka bertarung tapi di pertengahan, pihak mereka melemah, semua member berhasil dihabisi, di bagian bridge lagu kita bisa lihat saat para member sudah terkapar tak berdaya, soukantoku kita masih bertahan dan menyerang salah satu anggota pasukan itu, tapi akhirnya dia pun bernasib sama dengan rekan-rekannya. 
 
Ganbare soukantoku!
 
Sisi sadisctic saya jadi muncul kalo liat Jurina terkapar tak berdaya kayak gini :3 /abaikan
 
Tapi ini bukan akhir dari segalanya teman-temanku sekalian.. Mereka masih kuat dan punya tekad sehingga mereka bisa bangkit lagi dan mengalahkan pasukan antah berantah tersebut (y) Medetashi medetashi~~
 
Paruru bangkit (y)
 
Oshimen saya juga (y) :3
 
The truly heroine (y)
 
This is.. how you should end a PV (y)
 
Oke, sekarang mari kita ambil kesimpulan. Kalo menurut saya, setelah dicocokkan dengan makna lagunya “Kita tak akan bertarung”, sebenarnya adegan bertarung ini adalah flashback. Jadi, ketika mereka berlima (Prr, Jrn, Skr, Yra, Ktrn xD) berdiri pas bel berbunyi sambil menatap kejauhan, mereka itu sedang mengenang peristiwa ini. Peristiwa di mana mereka bertarung bersama teman-teman mereka, tapi justru pertarungan itu membuahkan hal yang tidak menyenangkan, yaitu… kematian dari teman-teman mereka. Sehingga mereka pun akhirnya berpikir bahwa “Kita sudah tak akan bertarung lagi”, karna mereka tak ingin hal yang sama terulang. Menurut kalian gimana? :333
 
The truly ending of the story~ Happy ending :DD
 
Sekarang.. mari kita bahas aspek lain dari PV ini. Setting dancenya ada 2, yang satu di mana mereka pake pink pants (yang banyak menerima pendapat ga suka dari fans), dan yang satu mereka pake kostum yang dipake waktu bertarung. Jujur saya sih fine-fine aja sama pink pants itu, kesannya cerah, jadi sedikit mencerahkan PV yang gloomy dan kesannya dekil ini xD



Ngomong-ngomong, setelah saya perhatikan, ternyata di kedua part dance itu, para member cuma ngedance aja, ga nyanyi sama skali. Tapi sebagai gantinya, kita punya part di mana para member cuma nyanyi aja, eh, bukan para member deng, cuma mereka berlima aja, iya, mereka berlima yang diceritanya masih hidup itu lho. Member lain mungkin ada, tapi jarang banget ke-shot.

five of them :/


Bicara mengenai ke-shot atau tidak… KENAPA RENAHYON JARANG BARENG KE-SHOT-NYA?!!! Grrrr… I hate you management :v Renahyon yang muncul sekali (dua kali kalo kalian tambah yang muncul bareng Yuki dan Yui), pun masih termasuk mendingan, lah, Ikoma sama Ricchan bener-bener tidak terdeteksi di PV ini :v (setidaknya di mata saya). Saya sebal banget kalo masalah ginian :v Udah ga muncul di storyline, di dance part juga tidak diketahui keberadaannya. Yasutralah, marah-marah atau mengeluh di sini juga ga akan merubah kenyataan.



Bonus rank:
- Yang paling elegan pas show: Yui
- Yang paling keren pas berantem: Sayanee (sayang munculnya dikit)
- Adegan yang paling membekas di hati saya: Pas mereka bangkit satu-satu, trus Yuki teriak “Arrrghhhhh~~!!” gitu :3
- Adegan yang paling tidak ingin saya bahas: dat feathery Paruru :v
- Yang paling beruntung di PV ini: si pasukan antah berantah (saya juga mau tendang-tendangan sama Jurina /abaikan)
- Yang paling gorgeous di PV ini: Renahyon
- Yang paling membekas di hati saya: Jurina yang tak berdaya :3 (fans macam apa saya ini)
Nilai
Song: 4,7/5
PV: 3.9/5

Sekadar naruh aja, ranking aku buat lagu dan PV di single ini: (aku ga niat nge-review coupling songnya, maaf)

PV: Bokutachi wa tatakawanai > Bare bare bushi > Kegarete iru shinjitsu > Summer Side > Ricchan’s grad song > Tentoumuchu=Dendemuchu
Song: Bokutachi wa tatakawanai > Kegarete iru shinjitsu > Bare bare bushi > Dendenmuchu > Summer Side > Ricchan’s grad song > Tentoumuchu

Untuk lagu duetnya Takamina sama Yuihan, aku belum denger te-he :p Ada yang bisa bagi link? Cuma buat lagu itu aja :p
 
 
 
 
Reactions:

17 komentar:

  1. reviewnya bagus banget kak Claudii..
    arigatou untuk reviewnya
    BTW ttg Renahyon dia dapet screenshot pas berantem #gaksengajanemu
    cuman durasi sekitar1-2 detik, itu aja taunya pas aq ntn slow motion sambil melotot kak, hehehe

    ohh iya ini link untuk lagu duet Soukantoku-nya kak
    http://adf.ly/2911466/150520-akb-bwt-te-m
    ato
    http://adf.ly/2911466/150520-akb-bwt-te-mc
    #siiiipppbangetmusiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Renahyon screenshots pas menit 06:49 kak.
      bisa di-cek itu pasRenahyon lagi mau bangkit berantem lagi. :D

      Hapus
    2. udah aku cek ga ada lho._. mungkin yang kamu liat si katorena (tapi gatau deh u,u) Soalnya setahu aku yang ikut bertarung cuma 11-12 orang.. Mereka yang ikut di fashion show itu._.

      Hapus
    3. kak Claudi, hehehe
      maaf mengganggu boleh request? kalo boleh bisa mnta dsub'in
      1.Musume wa Idol (Matsui Jurina dan Ibunya)
      tp yg e2 agak susah sih, speech Matsui Jurina di SSK tgl 6 Juni kemarin.
      itu tapi dger2 pas Matsui Jurina speech eh kepotong CM kak ma FUJI TV (TAT)

      Hapus
    4. maaf nih klo masih pemula, klo boleh tau, kenapa kalian panggil rena pake renahyon? emang hyon maksudnya apa?

      Hapus
    5. hyon itu akhiran aja, sama kayak -chan, -han, -tan, etc. kalo ga salah yang pertama panggil rena pake -hyon itu oshima yuko, katanya karna rena suka nge-hyon gitu._. member sekarang yang manggil rena pake hyon itu paruru, dia manggilnya renahyon, atau hyon-san._. cmiiw

      Hapus
  2. comment dikit kak, Ricchan dapet ke shot dikit pas ngedance dia paling depan rasanya.. rambutnya ada merahnya (mencolok)..

    dan setuju dg ikoma chan yang gak kena shot kecuali jarak jauh -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya deng si rambut merah xD aku lihat._. ternyata mataku memang._. Makasih infonya :3

      Hapus
  3. paling keren pas fight menurut saya yuria kak :v yg ngebanting orang dikepala pake kaki itu yuria kan? sama yg nendang muter itu :3 gak nyangka dia di push sampe segitunya di akb hehehe tapi hasil vote preliminary senbatsu kemaren votenya dia jatuh gitu -_-" mudah-mudahan bisa naik...

    yg paling bagus pas jalan di catwalk itu sakura pas dia muter balik sambil senyum itu... ngepas sama musiknya...

    ah iya -_-" rena-san munculnya bentar banget -_-"

    reviewnya bagus kak :3 4 jempol... sama jempol kaki sekalian ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya itu dia (y) dia mah udah aura preman gitu jadi berantemnya brutal banget lol xD
      maksud aku ya si sayanee itu dalam shot terbatas aja udah keren, mungkin kalo adegannya dibanyakin diekstrimin bakal lebih keren xDD

      kalo sakura... aku ada perasaan negatif sama dia ._.

      makasih buat jempolnya ><

      Hapus
  4. Review yang menarik, kalau aku sih pertama kali tau lagunya waktu akbingo nanyangin cuplikan konser SSA itu langsung suka, intronya mirip Kesshou jadi mungkin itu juga yg bikin suka :)

    cuma sayangnya ga ada pv dance version, awalnya sempet ngira yg pake pink itu bakal buat dance ver, tapi ternyata enggak -___-"
    padahal suka banget sama dance nya, sekilas keliatan sederhana tapi sebenernya rumit, gerakan tangannya detail bgt, terus pergantian posisi selama lagu juga ribet, apalagi full 32 member.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya (y) menurut aku salah satu dya tarik lagu ini, ya dancenya. makanya aku lebih seneng liat performnya daripada PVnya lol xD

      makasih komennya :33

      Hapus
  5. dr segi storyline emang bagus, tp kalo emang ga gampang di inget
    masih mending green flash, sekali denger langsung inget lagunya 'tp bukan liriknya'

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya story-nya bagus. lagu ini emang awalnya susah diingat buat aku, tapi lama-lama jadi ingat dan suka, itu semua karna instrumennya lol xD kalo green flash aku awalnya suka banget tapi cepat bosan._.

      Hapus
  6. kak mau tanya itu yang di depan rambutnya merah mencolok namanya siapa?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus