Minggu, 22 Maret 2015

Beberapa Tipe Idol | Oshimu Termasuk yang Mana?

Kitagawa Ryouha, si ponkotsu yang tsundere
Tipe idol. Apa itu? Kayak tipe ponsel gitu yak? xD Tipe idol atau di Jepang sono lebih dikenal sebagai chara atau karakter, adalah karakter seorang idol dalam mempromosikan dirinya. Dan sebagian besar hanya akan digunakannya untuk kepentingan bisnis saja. Maksudnya, meskipun ada seorang member yang dikenal sebagai tipe idola yang gui-gui (suka menonjolkan diri), bisa saja di balik layar dia justru pemalu, dan sebagainya. Tipe yang tampil seperti puteri (oujosama), bisa saja saat kamera berhenti merekam langsung keluar tingkah yang ngga banget. Tapi justru keadaan seperti itulah yang suka dicari-cari fans, ya kan? xD

Langsung aja ini ada beberapa karakter/tipe idola menurut aku. Dan ngomong-ngomong, kebanyakan dari mereka tidak memiliki satu chara saja. Jika si A itu tipe idol yang baka (bodoh), bukan berarti dia sama dengan si B yang merupakan idol tipe baka juga. Biasanya mereka punya perpaduan karakter lain yang membuat mereka berbeda. Misalnya si A baka tapi cool sedangkan si B baka tapi heboh. Ya begitulah...



Beberapa tipe idol. Oshimu termasuk di mana?
1. Classic-type idol
Mereka ini adalah tipe idola yang khas, tipe idola terbaik. Idola dari semua idola. Mereka selalu tampil manis, penurut, pendiam dan tidak menonjol di variety atau talk show, memberikan reaksi yang diperlukan. Misalnya jika mereka dikagetkan, mereka akan terkejut dengan cara yang manis. Dan pastinya, mereka ini tipe-tipe idola dengan image yang baik dan seperti malaikat. Contoh idola dengan tipe seperti ini adalah Watanabe Mayu, Miyawaki Sakura.

2. Sexy-type idol
Tentu saja sudah jelas ya. Mereka adalah idola yang menonjolkan sisi seksi mereka. Dan umumnya, tipe-tipe seksi seperti ini biasanya adalah mereka yang memiliki karakter baka (bodoh) atau mungkin telmi (telat mikir), contohnya Kojima Haruna, Kaneko Shiori, dan Futamura Haruka.

3. Tsurishi-type idol
Tsurishi atau pemancing. Yap, mereka adalah tipe idola yang akan melakukan apa saja demi bisa memberikan service untuk fans dan biasanya terkenal pro dalam hal handshake. Berikut ini contoh tipe idola tsurishi:
-     Kashiwagi Yuki (tsurishi+blackheart+oujosama)
-     Suda Akari (tsurishi+gui-gui)
-     Watanabe Miyuki (tsurishi+classic idol)

4. Variety-type idol
Mereka-mereka inilah yang biasanya menonjol dalam variety. Mereka juga biasanya lucu, apa yang mereka lontarkan/katakan biasanya menarik dan membuat tertawa, selalu bertingkah konyol dan menampilkan wajah/ekspresi lucu. Mereka mampu menghubungkan apa yang terjadi di studio dengan hal/kejadian lucu lainnya. Dan yang paling utama, mereka fasih dalam MC-ing. Contohnya: Yamamoto Sayaka, Minegishi Minami.

5. Majime-type idol
Majime=serius. Mereka ini hampir sama dengan classic-type, bedanya mereka ini bisa dibilang terlalu tegang dalam segala pekerjaan, apa yang akan diberikan akan dikerjakan dengan baik, dan pastinya selalu menghindari melakukan hal yang konyol dan tidak berguna. Contohnya Okada Nana dan Noguchi Yume.

6. Oujosama-type idol
Oujo-sama= puteri. Mereka tipe orang yang tampil anggun, punya aura elegan, biasanya orangnya tegas, baik sama diri sendiri maupun orang lain. Jika diberi pertanyaan akan dijawab dengan sangat baik, hampir setipe juga dengan majime. Contohnya Matsui Rena, Ikuta Erika.

7. Cool-type idol
Sudah jelas mereka adalah tipe yang cool, keren, tenang, tidak cerewet malahan cuek, dan jarang ngomong. Hampir mirip dengan tipe ojousama. Contohnya Mutou Tomu, Moriyasu Madoka, Hashimoto Nanami.

8. Anime stereo-type idol
Coba pikirkan karakter cewek seperti apa yang khas menjadi tokoh utama di anime? Pasti yang ceria dan naif kan? /ketawa Yap mereka ini adalah tipe yang selalu ceria, menganggap apapun menyenangkan dan selalu mengambil sisi positif dari segala sesuatu. Mereka juga ekspresif, saat sedang sedih ya akan menampilkan ekspresi sedih, begitu juga saat marah, kaget, atau kecewa. Biasanya kekanak-kanakkan. Contohnya Matsui Jurina dan Ikoma Rina.

9. Black heart-type idol
Tipe yang calculating alias sudah memperkirakan segalanya. Di luar putih tapi di dalam hitam. Biasanya mereka ini adalah idola yang baik karna ada maunya /lol. Mereka juga kebanyakan tampil dengan gaya oujosama atau classic type, yang beda cuma... dalamnya saja xD Contohnya Shibata Aya, Akimoto Manatsu.
Ngomong-ngomong, ini bukan dalam maksud yang jelek lho. Gimana ya, aku coba jelasin oke? Contohnya di EbiSho episode 7 (atau 8?) di mana mereka mencoba berjualan dan bertarung siapa yang paling banyak untung, Aya-chan melakukan strategi seperti berkedip dan handshake agar jualannya laku. Pas ditanya, Ayachan bilang, “Kalo ga pake cara itu, mereka ga akan beli!”
Jadi maksud aku seperti itu, mereka tipe idola yang pintar karna sudah mengkalkulasikan/merencanakan segalanya xD

10. Gui-gui type idol
Tipe idola yang paling berisik xD Berusaha keras agar bisa menonjol meskipun mereka tidak begitu lucu, selucu variety-type. Contohnya: trio gui-gui SKE (Akarin, Kaotan, Marika) dan  tentunya.... Murashige!

11. Troll-type idol
Tipe yang troll ini tipe yang suka ngelucu, tapi bedanya sama variety dan gui-gui adalah mereka tidak harus selalu cerewet dan ribut. Cara ngelucu mereka juga beda, contohnya: menjatuhkan ekspektasi orang, bereaksi berlebihan mengenai sebuah berita padahal beritanya biasa saja, menjawab pertanyaan dengan jawaban aneh/konyol, ngerjain orang (kayak waktu si Kojiharu bilang udah mau lulus padahal ngga :v). Contohnya: Shinoda Mariko, Furukawa Airi

12. Otaku-type idol
Tipe yang menunjukkan kecintaan berlebihan pada sesuatu. Pada idola, anime, kereta, kodok (?), melonpan, dan sebagainya xD Biasanya memiliki sifat hentai. Contohnya Matsui Rena, Furukawa Airi, Sashihara Rino.

13. Pokerface-type idol
Tipe idola yang di luar cool/kalem tapi di dalam punya aib luar biasa. Misalnya Shinoda Mariko yang di luar cool padahal tukang troll, Matsui Rena yang di luar oujosama padahal lolicon, etc.

14. Lolicon/shotacon-type idol
Sudah jelas ini mah :p Tipe yang punya rasa suka berlebihan pada anak-anak di bawah umur LOL Contoh: the great lolicon queen, Oya Masana.

15. Ponkotsu-type idol
Tipe idola yang biasanya ga punya kelebihan yang spesifik, ga punya topik bagus buat diomongin, tipe yang pas-pasan dalam hal kemampuan, kebanyakan juga berkarakter my pace. Contohnya Shimazaki Haruka (ponkotsu+salty), Kitagawa Ryouha (ponkotsu+tsundere)

16. Suberi-type idol
Suberi=gagal. LOL pasti kalian udah tahu kan, kayak apa idola dengan tipe seperti ini. Yap, mereka adalah idola yang suka gagal dalam hal ngelucu, nge-MC, kebanyakan suka dibully, pas-pas lagi pede suka dijatuhin kepedean dan harga dirinya, etc. Contohnya Takahashi Minami dan Matsui Jurina.

17. My pace-type idol
Hampir mirip dengan ponkotsu. Mereka seperti punya dunia/pace sendiri, jadi mereka melakukan hal yang menurut “dunia” mereka itu benar, meskipun di dunia nyata hal itu konyol atau payah. Mereka juga biasanya santai dalam segala sesuatu, mereka punya tolak ukur mereka sendiri. Contohnya Mukaida Manatsu, Shimazaki Haruka.

18.  Baka-type idol
Tipe yang baka alias bodoh. TITIK. xD Suka melontarkan hal yang konyol, tapi itu ga dibuat-buat, mereka memang berpikiran konyol xD Contoh Kizaki Yuria, Kawaei Rina.

19. Ambitious-type idol
Hampir mirip dengan gui-gui, tapi ambitious-type ga selalu berisik, kebanyakan mereka justru diam-diam tapi menganggap semua pertarungan itu serius dan harus dimenangkan. Contoh Matsui Jurina, Kimoto Kanon, Yamamoto Sayaka.

20. Brave-type idol
Tipe berani dan berlidah tajam. Biasanya punya aura menakutkan. Contohnya Kuwabara Mizuki, Tanaka Natsumi, Kimoto Kanon.

Akhirnya selesai!
Semakin ke bawah kok semakin pendek ya penjelasannya -_-" ya maklumkan sajalah, saya sudah mulai lelah ngetik xD

Ya udah, aku tunggu kritik dan saran kalian! Kali aja ada tipe lain yang ga termasuk di sini :3

Bye~

6 komentar:

  1. Meskipun aku jurina-oshi tapi aku sukanya Pokerface-type idol kayak shinoda sama rena gitu. sejujurnya aku kadang suka susah ketawa kalo si juju ngelawak xD tapi anehnya sama lawakan makki yang katanya garing, akunya malah ketawa :D

    BalasHapus
  2. Setelah baca penjelasan diatas aku jadi makin suka semuanyaa XD Mungkin favoritku Ojou-sama type ya? Tapi yang punya gap kayak Rena gitu <3 Sakurai Reika juga oke <3<3
    Kurang Ikemen idol tuhhh XD Kayak Nishishi, Sae, ato Wakatsuki Yumi <3

    BalasHapus
  3. mau komen panjang.

    Classic-type idol : aramaki misaki bisa masuk tuh versi loli.hee
    Sexy-type idol : dulu ada oshima mai dan kasai tomomi sekarang aku suka kojima natsuki
    Tsurishi-type idol : setuju lah sama milky memang profesional.iwatate juga manis.
    Variety-type idol :untuk ini tano, chiyori , macchun. the best untuk generasi baru.
    Majime-type idol :ini okada banget akbingo sampai 3 episode.
    Oujosama-type idol :acchan aura putri banget, ikuchan cantik banget.setuju.
    Cool-type idol : setuju ni tomu madoka memang cool banget.
    Anime stereo-type idol: ikoma masuk sini gak apa2.memang anime banget.
    Black heart-type idol :dulu yukirin masuk tipe ini pas masih muda.komiyama bisa masuk.
    Gui-gui type idol : sudah identik sama murashige gak ada yang menyangkal.
    Troll-type idol : yang paling membekas sih mariko-sama
    Otaku-type idol : dulu mayuyu otaku banget sampai masuk di dokumenter akb.
    Pokerface-type idol : tani marika bisa masuk. di kamera gui-gui tapi di rumah pendiam.
    Lolicon/shotacon-type idol : oya dan nakanishi bisa masuk.
    Ponkotsu-type idol :uha pengen nyubit deh.hee. dulu suka paruru tapi dia berubah.
    Suberi-type idol :suberi queen 1 takamina, suberi queen 2 murashige dikutip dari akbingo.
    My pace-type idol:kurang ngerti tapi jika punya dunia sendiri aku suka meru.
    Baka-type idol : identik dengan kawaei dan yuria itu. di nogizaka ada wada maya.
    Ambitious-type idol :juju memang begitu.sampai ada episode 1 vs 10 akbingo.
    Brave-type idol :dulu ada miyazaki miho dan ota aika. sekarang sih tanaka natsumi keren.

    sekian terima kasih

    BalasHapus
  4. Dari dulu favoritku sih variety-type, soalnya emang paling demen nonton tv show dan kalo ada yg bisa bikin ngakak jadi tambah nyenengin, terutama Miichan sama Sayanee. Tapi tetep variety queen nya sih Sashii :D

    BalasHapus
  5. yaaaay ada matsuren & paru...
    btw yang kayak furuhata nao masuknya kemana yak..? wkwkwk

    BalasHapus